Thursday, June 26, 2008

Komikku...

Selamat siang ! Mungkin ini adalah kata-kata yang tepat untuk dunia perkomikan di Indonesia sekarang ini, apalagi kalau kita berbicara tentang manga dan komik-komik asing yang semakin berkembang di Indonesia.
Ngomong-ngomong soal manga, jujur saja kita pasti mengenalnya dan pernah membacanya begitu juga dengan komik-komik asing lainnya.
Namun terkadang banyak orang yang terlalu merendahkan (yah semacam mengolok-olok gitulah), “kenapa sih gaya gambarnya kaya’ gitu , kok ikut-ikutan gaya komik jepang ! Mbok ya pake gaya gambarnya sendiri gitu lho !” ...Yah memang begitulah hidup ini mau apa saja mesti dikritik dulu, emangnya mereka itu udah yang paling bener apa ?
Asem...
Ngelanjutin yang tadi sempat terputus, soal yang tadi tuh! emangnya nggak boleh apa pake gaya gambar seperti mereka? apa salahnya kalau kita mengagumi, toh kita juga tidak terpaku dengan gaya gambar tersebut. Adalah hak kita untuk mengembangkan, bahkan kalau bisa malah harus lebih bagus dari gaya gambar yang kita contoh.
Bila kita lihat, banyak sekali komikus-komikus” baru” di Indonesia ini yang memakai manga sebagai aliran mereka. Akan tetapi banyak juga yang memakai gaya amerika dalam komik yang mereka buat. Kalo nyiptain gaya sendiri gimana?!...yah terserah elo! Menurut pendapat saya dan bayak orang (maksudnya temen-temen gue), kalo mau nyiptain gaya sendiri itu nggak mudah! Alasannya adalah karena kita sudah terpengaruh oleh idealisme mereka (komikus idola masing-masing). Nggak usah nyangkal deh, itu kan hak kita! Originalitas itu nggak gampang (maksudnya apa, gue juga nggak ngerti).

Berikut adalah beberapa sampel komik yang pernah saya buat semasa kuliah dulu. Yah... memang nggak oke banget sih... Tapi setidaknya aku berusaha untuk membuat komikku sendiri...


not1not2


not3
po1

po2
po3

t41
t42

3 comments:

gero said...

ngomik meneh gelak tuooo

noanio said...

setujuhh!!
Hidup MANGA!! halahh...

ayo ciptakan karakter sendiri lewat manga, halah..do ae :D

Btw, I like your style drawing :)
bikin manga shoujo donggg ^___^

Octav said...

love your stuff!

for comics related things you can also check out my SmokingCoolCat blog :)