Monday, June 23, 2008

Komik Menurutku...

Komik bukanlah suatu hal yang tidak berguna, dengan komik kita bisa mengekspresikan imajinasi kita melalui hal yang positif. Bisa jadi sebuah komik akan menjadi wadah untuk menuangkan segala kreativitas kita. Hal-hal yang tidak mungkin bisa kita lakukan dapat kita wujudkan di dalam berkomik. Idealisme dalam berkomik adalah hal yang wajar, karena komik adalah ungkapan hati dari sang komikus.
Komik juga merupakan media edukasi dan provokasi yang baik, karena selain membaca dengan tulisan kita juga diajarkan melalui gambar, dengan kata lain gambarlah yang bercerita kepada kita sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan dipahami. Bila komik (benar-benar) ditujukan untuk edukasi, otomatis buku-buku pelajaran akan tidak berguna karena dengan komik kita dapat belajar dengan lebih mudah. Satu hal yang perlu untuk diperjelas adalah "komik bukan hanya ditujukan untuk anak-anak" karena setiap komik memilki variasi cerita yang berbeda-beda sesuai dangan tingkatan umur (rating).
Untuk kategori anak, komik tidak mengandung kekerasan, percintaan, politik, SARA, ataupun seksualitas. Cerita dalam komik anak lebih ringan dan tidak berat seperti komik remaja dan dewasa. Tidak membutuhkan pemahaman dan pemikiran yang terlalu rumit. Cukup simpel dan mudah dicerna untuk anak. Biasanya bertemakan edukasi, petualangan, cerita rakyat, persahabatan dan hal-hal yang biasa dilakukan oleh anak-anak pada umumnya.
Komik remaja memiliki banyak sekali variasi tema yang berbeda-beda dan sangat menarik untuk disimak. Kebiasaan dan kehidupan sehari-haripun dapat dijadikan sebuah tema yang pantas untuk remaja. Sedangkan cerita untuk komik dewasa biasanya lebih rumit dan memerlukan pemikiran yang tinggi, lebih dewasa dan lebih eksplisit dari komik remaja. Namun dibalik kesemuanya itu, komik pasti mempunyai sebuah pelajaran dan pesan-pesan moral yang ingin disampaikan oleh komikus komik tersebut kepada para pembacanya.
Akan tetapi ada juga komik yang memang bertujuan SARA dan pornografi tanpa melihat siapakah para pembacanya nanti. Namun hal tersebut hanya segelintir saja, karena di Indonesia ini tema-tema semacam itu tidak diperbolehkan dan dilarang untuk diterbitkan dan diedarkan.
Komik komersial adalah sebuah komik yang memiliki tujuan komersil sesuai dengan selera pasar atau konsumen. Walaupun bersifat komersial, setiap komik tentunya memiliki tujuan yang lain selain bersifat komersial. Setiap komikus memiliki idealisme yang berbeda-beda sesuai dengan pemikiran dan pemahaman masing-masing tentang sebuah komik. Sebuah komik bisa dijadikan media yang berguna dan efektif, dengan komik kita bisa memberikan pemahaman yang berbeda dari sudut pandang yang lain dari yang biasanya kita lihat.
Komik komersial sangat berbeda dengan komik indie yang notabenenya sangat idealis dan tidak sesuai dengan selera pasar. Walaupun sekarang komik indie sudah banyak yang sesuai dengan selera pasar, mungkin karena mereka juga ingin komersial dan eksis seperti komik-komik lainnya.

No comments: